Wednesday, February 14, 2018

SISTEM PELUMASAN
    Pelumasan sangat penting menjamin kelancaran kerja mesin paling tidak ada 6
Fungsi dari pelumasan mesin
Sebagai anti friction /anti gesekan
Sebagai cooling /pendingin mesin
Sebagai cleaning / pencuci mesin
Sebagai sealing /perapat kompresi
Sebagai anti corrosion / anti karat
Sebagai buffer / bantalan
PELUMAS MESIN 2 LANGKAH
    Pada mesin 2 langkah pelumasan untuk bagian kopling dan dan bagian mesin dipisah dalam
Keseharian pelumasan bagian mesin sering disebut dengan oli samping dan pelumasan utuk
Bagian kopling biasa disebut dengan oli mesin oli samping biasanya mempunyai kekentalan
Yang lebih encer jika dibandingkan dengan oli mesin ada 3 sistem pelumasan oli samping
Yang berpungsi untuk melumasi bagian –bagian kruk as piston dan silinder

Pencampuran langsung antara pelumas dan bensin
Cara ini dilakukan dengan mencampur terlebih dahulu antara oli dengan bensin sebelum
Dimasuka ke dalam tangka bensin biasa diterapkan pada motor-motor 2 tak lama
Kekuatan dalam sistem ini adalah perbadingan campuran tidak dapat menyesuaikan
Dengan pukaran mesin pada motor harian 

Pelumas terpisah autolube
Sistem pelumas ini memungkinkan perbadingan campuran menyesuaikan dengan
Putaran mesin sistem ini biasa diterapkan di motor –motor Yamaha cara kerjanya oli
Disemprotkan oleh pompa oli sesuai dengan putaran mesin , masuk ke karburator guna
Bercampur dengan bensin pelumasan autolube terdiri dari 3 tipr
Tipe general pump , dipakai untuk sepeda motor sport
Tipe high compression , dipakai untuk motor tipe bebek
Tipe monolitie integrated circurt ( MIC ) . kondtruksi kompak dan bebas penyetelan

Pelumas terpisah CCI
Sistem ini biasa di terakan pada motor suuki .prinsip kerjanga sama dengan autolube
Hanya pada sistem CCI selain oli dipompa masuk kaeburator juga di pompa ke saluran
Khusus yang berfungsi untuk melumasi bearing kruk as

Pelumasan mesin 4 langkah
    Untuk mesin 4 langkah , kerja pelumasan untuk bagian kopling dan begian mesin
Dilakukan oleh satu jenis oli yang disebut oli mesin ,makinya oli mesian untuk mesin 4
Langkah mempunyai beban kerja yang lebih berat dibandikan pada mesin 2 langkah oli
Mesin inilah nantinya yang akan dipompa oleh pompa oli untuk bersirkulasi melumasi bagian –
Bagian yang perlu pelumasan seperti bagian kruk as ,piston, silinder, head selinder dan bagian
Gear box
    Yang perlu diperhatikan dalam sistem pelumasan adalah komponen gigi pemutar pompa
Oli, pompa oli dan saluran –saluran oli jika komponen yang aus atau saluranya tersumbat
Maka oli ridak dapat bersirkulasi dengan baik , akibatnya bisah fatal bagi mesi, sebagi contoh 
Jika piston tidak mendapat pelumasan yang memadai saat berkerja maka piston tersebut akan
Macet , atau dengan kata lain jika  mesin tidak dapat pelumasan mesin akan hacur

No comments:

Post a Comment