Tuesday, November 14, 2017


Blok kopling

Pada bagian blok kopling sepada motor komponrn utamanya berupa kopling /pemindah
Tenaga utama motor-motor jenis spot koplinya hanya terdiri dari kopling mekanis /manual
Kopling otomatis
    Kopling sendiri (otomatis maupun mekasis)sebenarnya berfungi sebagai pemutus
Dan penghubung putaran mesin tapi untuk memperjalasnya maka fungsi ke dua kopling tsb
Sedikit di bedakan kopling otomatis berfunsi sebaga pemutus dan penghubung putaran dari
Keruk as ke gigi kecil kruk as artinya kopling otomatis ini sebagai pengghubung putaran dari
Kruk as sebelum di teruskan ke kopling mekanis kopling mekanis/manualberfungsi untuk
Memutus dan menghubukan putaran dari gigi kecil kruk as ke gigi trasmisi atau
Roda belakang
    Perbedaan alasan pemakaan kopling otomatis atau mekanis ini biasanya tergantung
Dari jenis motor yang akan diproduksi oleh pabrik untuk motor-motor tipe bebek diterapkan
Kopling otomatis supaya pengendara mendapaka kemudahan dalam pengoparasian motor
Walaupun mengobankan skselerasi awal tapi untuk motor-motor sport boleh dikatakan  tidak
Ada yang menggunakan kopling otomatis , semuanya memakai full kopling mekanis hal ini
Didasakan pertibanga n bahwa motor sport lebi mengutamakan akselarasi dibadikangkan
Dengan kemudahan pengoperasian
    Kegunaan kopling sebagai  pemutus dan penghubung  putaran mesian ini digunakan untuk
Memudakan oparasi perpindahan gigi di trasmisi .padah saat gigi trasmisi akan di pindakan
Ke gigi yang lebih tinggi atau lebih rendah maka putaran mesin perlu di putuskan sementara
Supaya perpidahan gigi lancer untuk itu diperlukan sarana untuk memutus putaran mesin
Tsb yaitu kopling


Power transmisio /pemindahan tenaga

Prinsip kerja mesin dan pemidahan tenaga
Secarah dasar permidahan tenaga sepeda motor dapat dilihat gambar dibawah ini dapat
Juga menjelaskan uruta gerak














Ketika poros engkol diputar oleh pedal atau operasi motor stater piston bergerak naik
Turun padah saat piston bergerak ke bawah terjadi kepakuman dalam atau crank case
Selanjutnya menarik campuran bahan bajar dan udara melalui  karburatora ketika piston
Begerak ke atas campuran uap didalam silinder di compuran dinyalakan oleh
Busi dan terbakar dengan cepat (peledakan ) gas hasil pembakaran melakukan expasi
Dan mendorong piston ke bawa tenaga ini diteruskan melalui conectingrod lalu
Memutar crankshaft ketika crankshafi berputar aliran menekan piston naik conectigrod lalu
Piston melakukan gerakan yang sama gerak piston naik tutun berulang-ulang diubah
Menjadi gerak putar yang harus (tosi crankshaft)dari crankshaft dan ini akan
Dipindakan ke roda belakang melalui roda gigi reduksi kopling gear box,sprocket
Penggerak, rantai dan rada sprocket
Kecepatan masin direduksi oleh putaran gear box torque mesin (tenaga penggerak)
Akan bertambak kopling aka meneruskan atau memisah aliran/putaran dari tenaga
Mesin oleh kopel atau tidak mengopel kopling tersebut oleh perubahan kombinasi dari
Gigi yang berhubungan dalam gear box torsi mesin dan kecepatan bisah diatur

1. Kopling
Kopling di tempankan antara mesin dan terasmisi menghubukan dan melepaskan mesin
Dari transmisi ketika mulai atau mesin akan berhenti atau memidakan gigi
Kopling digabungkan dengan mesin resuksi pertama/primary reduction gear
Dengan alasan tersebut diatas tenaga mesin harus dipisakan torsi mesin rendah pada kecepatan rendah dan oleh karena itu roda belakang tidak dapat di gerakkan
Ini memungkinkan  untuk men-start mesin dengan roda belakang langsung dihubukan kemesin menstater tampah melepaskan roda belakang akan menyebabkan sentakan pada speda motor dan berbahaya
Oleh kerena itu diperlukan untuk melepaskan kopling sampai kecepatan mesin bertamabah pada batas tertentu untuk itulah mesin harus disetater dengan roda belakang tidak berhubungan dan setelah torsi mesin memerlukan gerakan roda belakang kopling secarah perlahan menghubukan sehingga sepeda motor bejalan dengan halus selama berjalan motor memerlukan perubahan kecepatan dengan memidakan gigi kopling bejalan dengan halus selama berjalan motor memerlukan perubahan kecepatan dengan memidakan gigi kopling harus dilepaskan agar gear/trans misi tidak rusak
Type kopling
Ada beberapa type kopling sebagai berikut
Dibedakan berdasakan konstrusinya ( transmisi)
Kopling tipe piringan
Susunan berbagi plat gesek yang
Barpurtar untuk menggerakan
Kopling kedua plat penggerak dan
Yang digerakan di dorang
Bersama oleh per (tipe manual )
Atau gerakan sentrifugal

Kopling seperti sentrifugal
Sepatu bergarak kearah luar oleh
Gerakan sentrifugal sehingga
Sepatu tersebut behubungan
Dengan drum (rumah kopling )

Kopling “v”belt
System ini terdiri dari “V”belt dan
Pulley yang figerakan oleh
Tenaga centrifugal sehing “V”
Belt terjepit dengan demikian
Kopling secara otomatis
Mengkopel


  Perbedaan berdasarkan cara kerja
Manual enluteh
Oparasinya dilakukan oleh pengemudi pada saat menekan tangka elutch
Terputus dan pada saat lepas cluteh terhubung oleh karean itu :disebut
Disk cluteh hapir semua sepeda motor mengunakan type cluteh ini
Centrifugal cluteh ( automatis eluteh
Cluter terhubung dan terputus dengan menggunakan gaya certrifugal yang
Timbil akibat putaran crankshaft saat kecepatan enginerendah clutch
Terputus pada saat kecepata tinggi clutch terhubung secara otomatis


perbedaan berdesakan kondisi kerja
1.     wet eluteh /kopling basah
    Clutch reletak di dalam cover crank case dan bagian dalam dari clutch
    Terendam dalam oli sehingga kerja clutch sangat halus kebanyakan disk
    Dan shoe clutch bertype basah
2.    dry eluteh/kopling kering
    Clutch terletak diluar ruang oli dan selalu terbuka di udara luar dan oleh
    Karena itu panasnya dapat dapat tersalur dengan baik keistimewaan dry system
    Adalah kerja clutch yang baik dan kebangakan untuk dry clutch type clutch
    Ini  digunakan terbatas pada racing

4. tipe-tipe kopling disc

        1.   single disc type
    Hanya di gunakan satu buah disk jika luas permukan gesek kecil ; disk
     Dengan diameter besar di butukan
        2.   multi dis tepe
    Disc –disc diletakan bersama sehingga luar permukaan gesek yang beser
    Dapat diperoleh dan transmisi tenaganya type ini juga didesign secara rapi
    Dan cocok untuk mesin sepeda motor type manual centrifugarkeduanya
    Digunakan

perbedaan didasaka posisi

1.    hubungan langsung
    Clutch dipasang langsung  pada
    Crank-shaft sehingga putaran
    Clutch sama dengan putaran
    Mesin ketahanan dan kerjayang
    Presisi sangat dibutukan

2.    tipe reduksi
    Clutch dipasang pada main axel
    (trasmisi) oleh karena itu kecepatan mesin dikurangi dan clutch bias tahan
    Lebi lama jika torsi yang diterasmisikan semakin besar luas permukaan
    Gesek juga
    Seperti sudah dijelaskan ada banyak tipe clutch tapi yang sebagian
    Besar di gunakan adalah
tipe manual
hamper semua sepeda motor
mengunakan tipe  “wet multi disk
clutch
tipe centripugal
clutch multi disk dan
ckutch wet shoe ada tipe
divect cinection dan
tipe veduction tipe
disc banyak digunakan
pada mopet dan sport



3.    kontruksi dan cara kerja clutch /koplig
type manual wet multi dise clutch
clutch plates (pelat kopling ) dan friction plates (plat gesek )secara
tetap di tekan bersama clutch dilepaskan dengan pembebasan spring mesin
ditransmisikan clutch dilepaskan dengan pembebasan spring clutch
dengan tangkai clutch
outer push type
untuk melepaskan
clutch plat tekan di
tekan kedalam  dari
sebela luar (untuk
sepeda motor ukuran
kecil)
inner push type
untuk melepaskan
clutch plat tekan
ditekan keluar dari
bagian dalam (untuk sepeda
motor ukuran sedang dan besar
kecil)
outor pull type (rack and pinion)
tipe kopling ini memungkikan
koping dapat di hubukan dan
dilepas lasung dengan kontruksi
yang sederhana dengan daya taha
yang tinggi cocok untuk mesin
height performance 

hydraulike elueh
cara kerja lebih
cepat dan sangat efektif
babes penyetelan jika tangkai kopling
ditarik tekan hydraulider dari
master cylinder menekan langsung pressure plate dan kopling
langsung terbatas bagian penekan kopling terdiri dari body
per piston dan seal oli untuk memberikan performance dan
daya tekan yang lebih baik
alliran tenaga
crankshaft =}primer drimary =}primery ddriven gear
(cluteh housing )=} friction plate =}clutch plate =}clutch
Boss =}main axel (transmission)



2.    centeifugal. Wet multi-dise cluteh
peda saat crank shaft berputar
pemberat cluteh(poller atau
ball)terlempar keluar oleh gaya
centnfugal sehingga menekan
pla kopling dan plat gesek
utuk menghubukan kopling
saat kecepatan berkurang
kopling terlepas dan jika
kecepatan mendekat plat
kopling dan plat gesek secara 
berangsur angsur tertekan
dapat diteruskan oleh karena 
itu tipe ini dapat beroparasi awal dangan halus jika kopling pada
posisi clalf clutch jika kecepatan meningkat kopling terhubung
penuh jadi semua tenaga mesin dapat ditransmisikan tanpa terbuang



untuk tenaga mesin =} crankshaft =}primary drive
gear =}primary driven gear
(clutch housing)=}(plat tekan ditekan oleh bola yang
Terlempar keluar oleh centrifugal pada kecepatan
Tertentu )=}clutch plate=}clutch bos =}main axel
(transmission)

3.    centrifugal. Shoe clutch
Sepatu kopeling yang lengkap (tergabung dengan pemberat)
Berputar bersama dengan crank shaft jiaka kecepatan
Mesin meningkat pemberat terlempar keluar oleh
Gaya centrifugal ada kontak dengan dinding
Bagian dalam rumah kopling hingga tenaga mesin dapat diteruskan
Ke rumah kopling sehingga kopling dapat diteruskan /dihubukan
Dan dilepas dengan carah yang sama seperti kopling lainnya


Tension of shoe type /ketegangan dari tipe shoe
Dalam kopling centrifugal tekan per mengatasi gaya
Centrifugal dari pemberat sampei kecepatan mesin
meningkat pada kecepatan tertentu atau mejaga
kopling terlepas ketika kecepatan mesin meningkat
/bertabah kedua spring kalah kuat oleh gaya
Centrifugal jadi  clutch terhubung utuk meneruskan tenaga
Mesian
clutch in
tenaga dapat diteruskan pada saat putaran mesin bertambah
stalling
ini terjadi jika torsi mesin dan tenaga kopling sama besar
4.     auto-release clutch
        Tipe kopling ini tidak begitu
        Banyak hentakan pada saat
        Shifting gear
kopling terhubung








kopling terlepas
ldling /langsung
semala langsang tenaga yang diasikan disalukan melalui
primary sheave secondary sheave, dan “V”belt terhubung  ke
clutch carrier gaya sentrifugal clutch lebih kecil di



komponen –komponen untuk kopling otomatis
terombol/rumah kopling otomatis
bagian dalam kopeling satu arah
pelor dan pegas
cicin washer
cicin pengunci
bandul kopling
penutup saringan

No comments:

Post a Comment