KOMPENEN KEPALA SILINDER MESIN 4
LANGKAH
1 . NOKEN AS
(CAMSHAFT)
Fungsi :Untuk mengatur kerja klep shingga klep bisa bekeja engan teratur
Kerusakan :bagian-bagian noken as mengalami keausan
Akibat pada motor:timbul suara kasar/berisik pada kepalak silinder
Cara
mengatasi :Noken as hurus di ganti baru
2. PELATUK KLEP (ROCKER ARM)
Fungsi :sebagai perantara putaran noken as guna mengatur
buka tutup klep
Kerusakan :pada
sepatu pelatuknya telah telah terjadi keausan
Akibat pada
motor:timbul suara kasar /berisik pada kepala silinder
Cara mengatasi
:pelatuk klep harus di ganti
3. klep (valve)
klep terdiri dari 2 macam
- klep masuk yang berfungsi untuk mengataur jalan
pemasukan bahan bakar dari kaburator ke ruang bakar
- klep buang yang
berfungsi untuk mengatur jalannya pembuangan sisa pembakaran sisa
pembakaran menuju knalpot kerusakan
:payung klep tidak rata sehingga kompresi bocor batang klep bengkok
akibat pada motor
: mesin tidak bertenaga /ngempos karenah kompresi bocor
cara mengatasi : klep
harus di sekir. kalau tidak memungkinkan maka diganti baru
4.
oli sil klep
fungsi : untuk oli yang
melmasi bagian head silinder tidak masu ke ruang bakar
kerusakan : sil pecah/karetnya sudah
mati
akibat padah motor : di bagian
kenalpot akan timbul asap puti
cara mengatasi : harus diganti
baru
5. bos klep
fungsi :sebagi tempat jalur bergerakya batang klep
kerusakan : bos klep
sudah aus /longgar dengan batang klepnya
akubat pada motor : di bagi knalpot akan akan tibul asap
putih
carah mengatasi :
harus diganti baru dan pemasangannya harus dibawak di tukang bubut
6. per klep
fungsi :utuk mengebalikan posisi klep keposisi semula
setelah klep terbukak
kerusakan : per klep lemah
aldbat pada motor :
mesin ngepos/laju motor tersendatr (tidak maksimal)
cara mengatasi : gati
klep dengan yang baru
7. topi dan kuku penguci klep
fungsi: utuka menahan per klep agar tidak lepas dan dapat
bekerja dengan baik kerusakan padah bagian ini jarang terjadi . kalau ada
kerusakan biasanya disebakan oleh kecerobohan mekanik dalam pemasangan
selain kopepenen di
adat .untuk motor honda grend /supra terdapat koponen ADS (Automatic
Decompression)ADS yaitu sistem yang diterakan pada sepedah motor hondah
tipe cup/bebek yang berfungsi untuk meringankan engkol starter dengan carah
mebocorkan sedikit kompersi padah ruang
Ovirlapping klep
yang suatu keadaan posisi klep hisip dan buang sama-sama dalam keadaan terbuka
Umumnya Ovirlapping klep terjadi pada saat akhir langkah buang dan awal langka
hisap fungsinya untuk mengoptimalkan pembilasa sisa-sisa pembakaran yang
akan terbuang
mesin
2 langka bisah dibilang mesin 2 tak
disebut
mesin 2 langkah kerena untuk mengasikan satu kali tenaga hanya
memerlukan
2langkah piston
siklus kerja mesin 2 langkah
- Piston bergerak dari TMB ke TMA
Saat langkah ini terjadi langkah hisap dan langkah kompresi
di mana saat piston bergerak ke atas maka di bagian karter akan terjadi kevakuman
sehingga bahan bakar kan tersedot masuk ke karter. sementara itu di bagian
atas piston setelah luabang buang tertutup maka akan terjadi lakah
kompresi pembakaran (sekunder)
piston begerak dari TMA ke TMB
dalam langka kedua ini terjadi langkah hisap dan langkah
buangsetelah terjadi kompresi sekunder maka akan terjadi pembakran sehingga
akan mendorong piston kembali kebawah terjadilah langkah hisap kemudian setelah
lubang buang terbuka maka terjadila langka buang dimana sisa pembakaran akan
terbuang melalui kenalpot
semakin piston turun ke bawah akan di ruang kaeter akan
terjadi kompresi kater dimana dengan adanya kompresi karte (primer)ini akan
mendorong bahan bakaryang sudah ada di karter untuk keluar di bagian atas
piston melalui lubang bahan transfer bahan bakar yang keluar keluar dari lubang
transfer inilah yang natinya akan dikomresi untuk pembakaran sekaligusdigunakan
untuk pembilasan /mendorong sisa-sisa pembakaran keluar pada langkah sebelumnya
KOMPONEN KEPALA SELINDER MESIN
2 LANGKAH
untuka mesin 2 langkah di bagian kepala selindernya tidak terdapat banyak komponen
seperti mesin 4 langkah dalam mesin 2 langkah kepala silindernya hamya terdirin dari
ruang pembakaran . yang jika dirinci umumnya terdiri dari a. Squsih dome (kubah pembakaran) yang berfungsi sebagi sebagai tempat terjadinya pembakaran b. Sudut squish yang berfungsi penyearah supaya bahan bakar dapat lebi pokus menuju kubah pembakaran
c. Nat . yang berfungsi sebagi pengaman jarak antara permukaan piston dengan ruang bakar supaya tidak beradu saat piston di TMA
No comments:
Post a Comment