Wednesday, August 2, 2017

blok magnet


BLOK MAGNET



BLOK MAGNET
           padah bagian mangnet di semua sepedah motor berisi komponen magnet & spul magnet 
& spul bersama-sama akan mengasilkan (listrik elekro magnetrik)yang nantinya
 akan di gunakan untuk mensuplai listrik ke komponen yang membutukan 
mager pada sepedah motor mempunyai fungsi 
a)membanu sepul-sepul untuk dapat mengasilkan arus ristik 
b)untuk mengibangi putaran keruk AS yang ada di kopling
c)untuk membantu mendapatkan torsi mesin yang dibutukan 
  kerusakan pada magnet umumnya daya kemagnetnya sudah lemah/habis . unuk
menggulaginya adalah dengan menyertrum magnet atau di ganti dengan yang baru 
         spil berupah inti besin yang dililit oleh kawat biasa disebut kawat spul/kawat email
spul ini disetiap motor secara umum mempunyai jenis sbb
a) sepul CDI yang berpungsi mensumplai arus arus listik ke CDI spul CDI ini umumnya 
 mepunyai ciri kawat lilitannya mepunyai diameter (0.10-0.15mm)dilindungi
oleh isolator yang berfungsi melindungi kawat dari kerusakan dan menahan panas .ciri
lainnya biasanya meggunakan kebel warna hitam-merah
b)spul pulser (pick up coil)berfungsi membuat sinyal sensor pengapian bagi CDI
yang akan membuka gate sehingga harus listik yang disimpan di CDI dapat diteruskan 
ke koil lalu ke busi Ciri umunnya terpisa dengan spul-spul yang lain dan dan menggunakan 
kabel warna biru-kuning
c)spul penerangan berfungsi untuk mensuplai arus listrik yang akan di gunakan untuk
menghidukan lampu di motor ( lampu depan/ lampu utama ) ciri umumnya
menggunakan kabel wana kuning 
d)spul pengisian accu berfungsi untuk mengisi listrik ke accu selama motor hidup ciri
umunya mengunakan kabel warna putih 
kerusakan yang umum terjadi spul adalah spul tersebut tersebut kawatlilitan 
atau kabelnya dan spul tersebut sudah lemah untuk mengatasinya bisa digulung ulang 
atau dianti baru   

No comments:

Post a Comment