BLOK MAGNET
BLOK MAGNET
padah bagian mangnet di semua sepedah motor berisi komponen magnet & spul magnet & spul bersama-sama akan mengasilkan (listrik elekro magnetrik)yang nantinya
akan di gunakan untuk mensuplai listrik ke komponen yang membutukan
mager pada sepedah motor mempunyai fungsi
a)membanu sepul-sepul untuk dapat mengasilkan arus ristik
b)untuk mengibangi putaran keruk AS yang ada di kopling
c)untuk membantu mendapatkan torsi mesin yang dibutukan
kerusakan pada magnet umumnya daya kemagnetnya sudah lemah/habis . unuk
menggulaginya adalah dengan menyertrum magnet atau di ganti dengan yang baru
spil berupah inti besin yang dililit oleh kawat biasa disebut kawat spul/kawat email
spul ini disetiap motor secara umum mempunyai jenis sbb
a) sepul CDI yang berpungsi mensumplai arus arus listik ke CDI spul CDI ini umumnya
mepunyai ciri kawat lilitannya mepunyai diameter (0.10-0.15mm)dilindungi
oleh isolator yang berfungsi melindungi kawat dari kerusakan dan menahan panas .ciri
lainnya biasanya meggunakan kebel warna hitam-merah
b)spul pulser (pick up coil)berfungsi membuat sinyal sensor pengapian bagi CDI
yang akan membuka gate sehingga harus listik yang disimpan di CDI dapat diteruskan
ke koil lalu ke busi Ciri umunnya terpisa dengan spul-spul yang lain dan dan menggunakan
kabel warna biru-kuning
c)spul penerangan berfungsi untuk mensuplai arus listrik yang akan di gunakan untuk
menghidukan lampu di motor ( lampu depan/ lampu utama ) ciri umumnya
menggunakan kabel wana kuning
d)spul pengisian accu berfungsi untuk mengisi listrik ke accu selama motor hidup ciri
umunya mengunakan kabel warna putih
kerusakan yang umum terjadi spul adalah spul tersebut tersebut kawatlilitan
atau kabelnya dan spul tersebut sudah lemah untuk mengatasinya bisa digulung ulang
atau dianti baru
No comments:
Post a Comment